Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Mikrajuddin Abdullah - Fisika Dasar II

 


Apa kabar semua ? Kali ini saya akan membagikan seri lanjutan dari buku Mikrajuddin Abdullah - Fisika Dasar I yang ditulis oleh Prof. Mikrajuddin Abdullah dari ITB.

Mikrajuddin Abdullah - Fisika Dasar II

Buku ini merupakan buku karya Prof. Mikrajuddin Abdullah, professor dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sehingga isinya tidak perlu diragukan lagi. Penulisan buku ini dimulai sejak tahun 2004 saat penulis buku kembali dari tugas belajar di Jepang. Penulis buku termotivasi karena tidak adanya buku kuliah fisika dasar yang ditulis oleh dosen dalam negeri selama berpuluh-puluh tahun.

Buku ini berisi materi fisika dasar yang diajarkan pada semester kedua tingkat pertama fakultas sains dan teknik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Materi yang terdapat dalam buku ini antara lain :
1. Elektrostatika : Hukum Coulumb dan Hukum Gauss
2. Potensial listrik dan kapasitor
3. Listrik arus searah
4. Kemagnetan
5. Medan magnet induksi
6. GGL induksi dan induktansi
7. Arus bolak-balik
8. Besaran gelombang
9. Gejala gelombang
10. Sifat optik dan gelombang elektromagnetik
11. Teori relativitas khusus
12. Pengenalan teori kuantum atom

Seperti halnya buku seri sebelumnya, bahasa yang digunakan dalam buku ini relatif mudah dipahami karena merupakan bahasa Indonesia asli, bukan terjemahan dari buku luar yang berbahasa Inggris. Meskipun merupakan buku pegangan anak kuliah, namun buku ini tetap bisa dibaca dan dipahami oleh anak SMA/MA. Selain itu, di buku ini juga membahas fenomena-fenomena yang dekat dengan kehidupan kita dan sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan konsep yang sedang dipelajari. Tak jarang juga membahas fenomena-fenomena yang terjadi di Indonesia. Fenomena yang dibahas mulai dari hal-hal yang sederhana hingga penerapan pada teknologi-teknologi canggih.

      Tingkat kesulitan di buku ini bervariasi. Ada yang bisa dikerjakan oleh anak SMA/MA namun ada juga permasalahan yang levelnya untuk anak kuliah. Ilustrasi yang diberikan cocok dan menarik. Jadi tunggu apalagi ? Klik link dibawah ini untuk mengunduh E-book ini secara gratis.



        Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih.