Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

David Morin - Introduction to Classical Mechanics


Pada kesempatan ini, saya akan membagikan salah buku “wajib” untuk persiapan olimpiade fisika tingkat SMA/MA. Ini merupakan buku yang sangat saya rekomendasikan. Tidak jarang soal-soal yang ada disini keluar ketika KSN tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Ingat, tak jarang ada anak yang berhasil di KSN karena soal yang dia dapat ketika ujian pernah ia kerjakan sebelumnya sehingga dapat mengerjakan dengan tepat dan efektif.

David Morin - Introduction to Classical Mechanics

Buku ini sangat cocok untuk persiapan KSN tingkat kota sampai provinsi, karena mekanika yang dipelajari cukup mendalam dan variasi soalnya merupakan model-model soal yang sering keluar di olimpiade. Secara garis besar, buku ini terdiri dari 14 bab, yaitu :
1. Strategi umum untuk memecahkan permasalahan mekanika.
2. Kesetimbangan, meliputi kesetimbangan gaya dan torsi.
3. Penggunaan F=ma, yang merupakan penerapan dari Hukum II Newton.
4. Osilasi, meliputi osilasi harmonik, teredam, terpaksa, terkopel, hingga kombinasi antara 3 jenis osilasi terakhir.
5. Konservasi energi dan momentum linier.
6. Metode Lagrangian, yaitu salah satu metode penyelesaian permasalahan mekanika selain menggunakan hukum Newton ataupun metode energi.
7. Gaya sentral, yaitu gaya yang arahnya selalu menuju satu titik pusat tertentu. Ini merupakan materi yang baru muncul di tingkat provinsi dan nasional, berhubungan dengan mekanika benda langit dalam astronomi.
8. Momentum anguler part I, yaitu untuk kasus-kasus dimana momentum anguler konstan.
9. Momentum anguler part II, yaitu untuk kasus-kasus momentum anguler yang berubah-ubah.
10. Kerangka acuan yang dipercepat, membahas bagaimana meninjau permasalahan dalam kerangka yang dipercepat (non-inersial).
11. Relativitas (kinematika), membahas tinjauan relativitas khusus pada kasus kinematika.
12. Relativitas (dinamika), membahas tinjauan relativitas khusus pada kasus dinamika.
13. Relativitas umum, berisi pengenalan sekilas tentang relativitas umum.
14. 4-vektor.

Nah, 10 bab pertama itu sangat saya rekomendasikan untuk dipelajari karena berhubungan dengan mekanika klasik. Di buku ini, pembahasan matematis lumayan mendetail. Tidak semua pembahasan matematis harus benar-benar dipelajari jika untuk persiapan olimpiade, misalnya pada bab metode Lagrangian. Metode tersebut juga masih jarang dipakai untuk olimpiade setingkat SMA/MA. Pada setiap akhir bab, ada latihan soal yang terdiri dari problems dan exercises. Untuk problems, solusinya sudah ada di akhir bab sedangkan untuk exercises merupakan soal latihan sehingga tidak ada solusinya di buku. Namun, solusinya terdapat di buku Solution Manual.

Berikut link downloadnya :


Baiklah, sekian dulu dari saya. Semoga bermanfaat.