Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Kumpulan Soal Fisika Berbahasa Arab

Ilustrasi Fisika Berbahasa Arab. Sumber : Google Image

     Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Fisika merupakan salah satu bidang dilombakan untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA) sederajat. Sejak tahun 2018, tiap bidang yang dilombokan diintegrasikan dengan pelajaran-pelajaran dan nilai-nilai agama Islam. Untuk bidang fisika, banyak permasalahan fisika yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari maupun untuk keperluan ibadah. Misalnya menghitung kiblat, sistem penerangan Masjidil Haram, teknologi pengujian kandungan lemak babi, teknologi pengujian keaslian air zam-zam, dan masih banyak lagi. Selain itu juga banyak dipelajari penemuan-penemuan ilmuwan muslim pada masa keemasan Islam dahulu, seperti Al-Jazari, Al-Biruni, Banu Musa, dan masih banyak lagi.    

    Dimulai dari KSM tahun 2020, ada kemungkinan akan muncul soal fisika yang berbahasa Arab. Untuk itulah kali ini saya akan membagikan kumpulan soal fisika berbahasa Arab. Soal-soal ini saya screenshot dan saya kumpulkan dari situs https://proprep.uk/Courses/All/Physics-Arabic-Introduction-course. Silakan kunjungi situs tersebut untuk soal yang lebih banyak lagi karena belum semua soal dari situs itu sudah saya kumpulkan untuk saat ini. Setiap soal sudah saya kumpulkan per bab sehingga dapat lebih mudah dipelajari. Saya mohon maaf karena soal-soal yang saya bagikan disini tidak ada terjemahan dan solusinya. Untuk penerjemahan soal bisa diterjemahkan sendiri menggunakan aplikasi-aplikasi penerjemah. Salah satu aplikasi yang saya sarankan adalah dengan menggunakan Google Lens karena praktis dan mudah digunakan meskipun terjemahannya tidak 100% akurat. Meskipun kurang akurat, tapi menurut saya sudah cukup baik untuk memberikan gambaran maksud soal yang ditanyakan. Namun ada kekurangan dari penerjemahan menggunakan Google Lens, yaitu tidak bisa menerjemahkan soal yang tulisan tangan (ada sebagian soal yang saya bagikan yang berupa tulisan tangan).

    Cara melakukan penerjemahan dengan Google Lens cukup mudah :

1. Buka soal yang ingin diterjemahkan lalu screenshot soal tersebut.

2. Buka aplikasi Google Lens dan pilih screenshot soal yang ingin diterjemahkan.

3. Pilih opsi "Translate" lalu tinggi hingga soal selesai diterjemahkan. Aplikasi akan otomatis mendeteksi penerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Jika belum terdeteksi, atur penerjemahan menjadi "Arabic -> Indonesian".

    Berikut link kumpulan soal-soal tersebut sesuai babnya (Google Drive) :

Bab : Gerak Lurus

Bab : Kinematika dan Dinamika

Bab : Usaha dan Energi

Bab : Impuls dan Momentum

Bab : Gravitasi

Bab : Gerak Harmonik

    Sekian yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.