Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Irodov - Problems in General Physics


Apa kabar semua ? Semoga selalu diberi kesehatan dan keselamatan selama pandemi Covid-19 ini. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan buku yang berisi soal-soal yang tipe-tipenya sering keluar di olimpiade terutama KSN, baik pada tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Untuk buku ini, karena merupakan buku lama, format e-book ini adalah .djvu sehingga tidak bisa dibuka dengan aplikasi pdf reader biasa.Untuk membukanya anda memerlukan aplikasi seperti aplikasi WinDjView untuk Windows atau EBookDroid untuk Android.

Irodov - Problems in General Physics

Buku ini merupakan buku terbitan lawas, sekitar tahun 1980-an. Buku ini berisi kurang lebih berisi 1900 soal-soal yang terbagi 6 bab, yaitu :
1. Mekanika
2. Termodinamika
3. Elektrodinamika
4. Osilasi dan Gelombang
5. Optik
6. Fisika Atom dan Fisika Nuklir.

Buku ini menyediakan review sekilas persamaan-persamaan yang dipakai untuk menyelesaikan soal . Selain itu, buku ini menyediakan hint / bantuan untuk soal-soal yang sulit. Pada akhir buku juga terdapat kunci jawaban untuk setiap soal, namun hanya berupa jawaban akhirnya saja. Sebenarnya saya sempat menemukan buku Solution Manual dari buku ini versi cetak, namun belum menemukan versi pdf-nya.

Soal-soal disini juga banyak yang keluar di event-event lomba kampus, try out KSN, maupun KSN dari tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Saya masih ingat ketika setelah mengerjakan soal penyisihan olimpiade fisika teknik ITS, lalu ketika membuka buku ini terkejut karena ada beberapa soal yang persis dengan yang ada di buku ini bahkan gambar keterangannya juga sama persis.

Untuk tampilan dari buku ini, mohon dimaklumi karena buku lawas font-nya juga khas buku-buku lama dan gambar-gambarnya masih sederhana. Formatnya yang .djvu juga membuat buku ini tidak bisa di copy paste sehingga harus di-screenshot atau di-crop dengan Snipping Tool jika anda memakai Windows.

Berikut link download-nya :



Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Tetap jaga diri baik-baik untuk menghindari penyebaran Covid-19 ini, ya…