Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Fisika, Kacamata untuk Memahami Alam Semesta



   Bagi kebanyakan pelajar, Fisika mungkin dianggap sebagai pelajaran yang susah, entah karena rumusnya banyak, konsepnya ribet, nggak cocok sama gurunya, atau yang lainnya. Saya sendiri juga tidak dapat menyangkal bahwa dalam Fisika memang banyak konsep dan persamaan yang harus benar-benar dipahami untuk dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik. Kesabaran dan keuletan juga sangat diperlukan, karena seringkali akan dijumpai persamaan yang penyelesaiannya sangat panjang sekali dan butuh ketelitian ekstra supaya tidak terjadi kesalahan, sekecil apapun kesalahan itu. Namun, bagi saya justru hal ini menjadi tantangan dan dapat memicu untuk semakin mendalami ilmu ini. Pertama kali saya mengenal Fisika dulu, saya juga memiliki pemikiran seperti kebanyakan orang, “Ini apaan sih kok rumusnya banyak banget, ngitungnya ribet”. Namun lama kelamaan saya menemukan hal menarik dalam Fisika, menarik perhatian saya untuk mendalami ilmu ini.

Apa Sih Fisika Itu?

   Ilmu Fisika merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi dan energi, beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu. Fisika merupakan ilmu yang mendasari banyak ilmu pengetahuan lainnya. Kimia, astronomi, teknik, ekologi, bahkan dalam biologi sekalipun dapat kita jumpai penerapan dari dasar-dasar dalam ilmu Fisika. Selain itu, banyak pula cabang ilmu yang merupakan perkawinan dari ilmu Fisika dan cabang ilmu pengetahuan lainnya, seperti biofisika, kimia fisik, geofisika astrofisika, bahkan dengan ilmu sosial seperti ekonofisika (ekonomi + fisika).

   Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang paling tua. Fisika telah mengalami banyak perkembangan dari masa ke masa, mulai dari zaman Yunani Kuno, zaman Islam abad pertengahan, zaman keemasan eropa, hingga saat sekarang ini. Fisika yang banyak dipelajari bagi tingkat SMA/MA adalah fisika klasik, mulai dari mekanika klasik, ektrodinamika klasik, termodinamika, dsb. Dalam KSN bidang Fisika, mulai dari tingkat kota sampai provinsi kisi-kisi yang harus dipelajari hanya sampai mekanika klasik. Perkembangan ilmu Fisika sekarang sudah memasuki Fisika modern, dengan 2 pilar utama yaitu mekanika kuantum serta relativitas umum dan khusus.

   Dalam mempelajari Fisika, tak akan lepas dari Matematika. Justru dari pengalaman saya, sebelum mempelajari Fisika, perlu mempelajari metode matematikanya dulu. Bagi yang ingin belajar untuk KSN SMA/MA, yang perlu dimantapkan terutama aljabar, penyelesaian sistem persamaa, kalkulus, matriks, trigonometri, dan geometri. Baru ketika pelatnas ataupun di perguruan tinggi akan mempelajari matematika tingkatan yang lebih tinggi lagi.

Fisika, Kacamata untuk Memahami Alam Semesta

   Fisika merupakan cara bagi kita untuk memahami bagaimana alam semesta ini bekerja, misalnya mekanika. Mekanika merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang gerak. Sejak dahulu manusia mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti “Mengapa benda yang dilepas dari tangan selalu jatuh ke bawah ?”, “Mengapa gerak benda seperti ini ?”, “Apa yang menyebabkan benda bergerak seperti ini ?”, dsb. Banyak ilmuwan sejak zaman Yunani Kuno, zaman peradaban Islam pada abad pertengahan, hingga zaman kebangkitan Eropa mencurahkan pemikiran mereka dalam hal ini, hingga lahirlah hukum gerak dan hukum gravitasi yang dikemukakan oleh Sir Isaac Newton. Hukum gerak Newton menjadi dasar bagi mekanika klasik. Dengan penemuan ini, manusia mulai memahami bagaimana alam bekerja, dan menerapkannya untuk membuat perlatan-peralatan yang dapat mempermudah pekerjaan manusia.

   Hal lain yang dapat saya contohkan adalah tentang cabang ilmu Fisika yang mempelajari listrik dan magnet, elektromagnetika. Dahulu mungkin orang hanya tau kalau ada batu tertentu yang dapat menarik besi dan benda dari bahan seperti plastik yang digosokkan ke permukaan seperti rambut dapat menarik kertas-kertas kecil. Beberapa orang kemudian mencurahkan pemikiran mereka untuk mempelajari hal ini. Studi mengenai listrik dan magnet mulai bermunculan, hingga puncaknya James Clerk Maxwell berhasil menyatukan listrik dan magnet menjadi satu kesatuan yang disebut elektromagnetisme melalui Persamaan Maxwell. Dengan pengetahuan tentang listrik dan magnet ini, manusia mulai dapat memproduksi listrik sendiri, membuat peralatan-peralatan yang menggunakan listrik, hingga berujung pada revolusi industri. Teknologi yang dikembangkan semakin mengalami kemajuan dari hari ke hari.

   Fisika membawa kita untuk memahami alam semesta, segala sesuatu di luar bumi kita. Misalnya dengan ilmu spektroskopi yang mempelajari materi berdasarkan cahaya, suara, atau partikel yang diserap, dipantulkan, atau dipancarkan oleh materi tersebut, kita dapat mengetahui komposisi suatu bintang yang bertahun-tahun cahaya jauhnya tanpa harus mengunjungi bintang tersebut. Kita juga dapat memetakan jarak objek-objek di alam semesta ini hingga menemukan bahwa alam semesta ini tidak statis, namun mengalami pengembangan.

   Selain memahami hal yang luar biasa besarnya, Fisika juga membantu kita memahami hal yang luar biasa kecilnya, yaitu pada ukuran atom bahkan partikel sub-atomik yang menyusun atom. Dalam bidang ini, kita akan berpegang pada mekanika kuantum. Teori mekanika kuantum merupakan salah satu pencapaian terbesar umat manusia. Mekanika kuantum telah menghasilkan penemuan yang luar biasa mengenai partikel-partikel dasar penyusun alam semesta hingga teknologi modern yang sangat canggih. Saking luar biasanya, banyak orang awam pun menggunakan istilah “kuantum” untuk menggambarkan sesuatu yang terkesan “modern”.

   Berdasarkan uraian di atas, sudah cukup jelas bahwa meskipun Fisika itu susah, namun apabila kita mencoba untuk mendalaminya, kita akan menemukan banyak sekali hal yang luar biasa. Kita akan menjadi semakin kagum betapa Tuhan telah menciptakan seluruh alam semesta ini sedemikian teliti, teratur, dan luar biasa. Apabila kita memiliki bekal keimanan yang kuat, dengan mempelajari ilmu Fisika ini dapat semakin memperkuat dan mempertebal keimanan kita. Kita menjadi semakin bersyukur pada Tuhan serta menyadari betapa besarnya kuasa-Nya, dan betapa kecilnya kita di hadapan-Nya. Sekian, semoga bermanfaat.