Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Seri Video Materi Olimpiade Fisika SMA

Playlist Seri Video Materi

    Pada masa liburan semester ini aku mencoba membuat seri video materi olimpiade Fisika SMA. Video materi ini memiliki durasi yang relatif lebih singkat daripada video latihan soal yang biasa aku buat namun dengan jumlah video yang lebih banyak. Seri video ini sebenarnya merupakan potongan dari rekaman pembinaan OSP Fisika SMA yang aku isi secara online di salah satu SMA pada pertengahan tahun 2022. Sehingga, standar materi pada seri video ini merupakan standar materi OSP Fisika SMA. Materi yang dibahas berfokus pada mekanika. Namun, pada bagian awal aku berikan pengantar matematika yang akan sering digunakan dalam mengalanisis permasalahan fisika.

    Semua seri video materi dapat diakses secara gratis pada channel YouTube yang sudah aku buat. Supaya video dapat terlihat dengan jelas, aku sarankan untuk menggunakan resolusi video minimal 720p. Berikut playslist seri video materi yang sudah aku urutkan berdasarkan urutan materi yang perlu dipelajari:
    Aku harap seri video materi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti olimpiade Fisika SMA. Namun, perlu diperhatikan bahwa seri video ini berisi pembahasan materi sekilas dan lebih menekankan pada pemahaman konsep. Setelah menonton seri video ini aku sarankan teman-teman memperbanyak latihan soal maupun mencari refrensi materi lain untuk menambah pemahaman. Untuk latihan soalnya dapat menonton video latihan soal yang sudah aku buat di channel tersebut maupun dari channel atau buku refrensi lain.

    Seri video materi yang aku buat ini memang belum sempurna. Mungkin ada beberapa bagian yang penjelasannya terlalu terbelit-belit atau kurang bisa dipahami. Apabila ada terdapat bagian yang kurang tepat ataupun pertanyaan tentang materi yang disampaikan, silakan disampaikan di kolom komentar pada video yang terkait. Aku juga berharap teman-teman dapat ikut menyebarkan channel dan seri video materi ini terutama ke teman-teman lain yang membutuhkan. Terima kasih.