Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Catatan Kuliah Fisika

    Metode mencatat merupakan metode yang terbukti efektif selama aku belajar Fisika. Berawal ketika mulai ikut pelatnas pas masih SMA. Saat itu merasa perlu usaha lebih untuk memahami materi pelatnas yg diberikan. Terlebih lagi bagi anak SMA yg belajar materi perkuliahan seperti medan elektromagnetik, fisika statistik, relativitas, fisika kuantum, dll. Akhirnya memutuskan untuk mencatat semua lecture dari pembina pelatnas + beberapa pembahasan soal.

    Kebiasaan mencatat ini berlanjut hingga kuliah. Bedanya, catatan kuliah saat ini tidak lagi tulis tangan melainkan sudah beralih ke catatan digital menggunakan Word / LaTex. Kebiasaan mencatat ini baru mulai aku lakukan lagi ketika semester 3 karena mulai banyak materi yang baru dipelajari. Catatan mulai lebih terstruktur ketika semester 4. Pada kesempatan ini, aku ingin membagikan catatan-catatan yang aku buat selama kuliah. Catatan-catatan ini memang tidak begitu terstruktur karena tidak semua materi aku catat, melainkan hanya sebagian materi yang bagiku penting untuk dicatat. Namun aku harap catatan ini dapat berguna untuk membantu mempelajari materi-materi fisika. Berikut link Google Drive catatan-catatan tersebut :

Catatan Kuliah Fisika

    Terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat.