Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Kesetimbangan dan Osilasi

        Pada awal bulan Februari ini aku mendapat kesempatan untuk mengisi short course yang diadakan oleh Alpha Academy. Pada short course tersebut aku mengisi materi tentang kesetimbangan dan osilasi beserta beberapa latihan soal. Kesetimbangan dan osilasi merupakan materi yang cukup sering keluar mulai dari KSN-K, KSN-P, hingga KSN. Sehingga aku rasa materi ini akan bermanfaat terutama untuk persiapakan KSN-K.

Dokumentasi Short Course

    Dalam mengerjakan permasalahan yang berkaitan dengan kesetimbangan, banyak orang yang mengerjakannya dengan menerapkan kesetimbangan gaya dan torsi. Namun kali ini aku mencoba menggunakan metode lain, yaitu dengan menggunakan metode energi. Mungkin banyak dari kita yang menggunakan metode energi hanya ketika mengerjakan permasalahan yang berkaitan dengan konservasi energi. Rupanya metode energi dalam beberapa kasus dapat membantu kita menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kesetimbangan dan osilasi secara lebih cepat daripada jika meninjau persamaan gaya dan torsi. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa ada syarat-syarat yang perlu diperhatikan apabila ingin menggunakan metode energi sehingga tidak semua kasus dapat ditinjau dengan metode ini.

         Kali ini aku akan membagikan file latihan soal serta materi dan pembahasan soal yang aku bahas ketika mengisi short course. File tersebut dapat diakses melalui link Google Drive berikut :    

Latihan Soal

Materi dan Pembahasan soal

Pembahasan materi juga dapat diakses melalui link Youtube berikut : https://youtu.be/VzbJQANRj3k .

        Akhir kata, aku mohon maaf apabila ada pembahasan yang kurang jelas atau kurang bisa dipahami serta tulisan atau gambar yang kurang jelas. Apabila ada saran / koreksi terhadap materi yang aku bahas silakan sampaikan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.