Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Catatan Medan Elektromagnetik - Pelatihan OSN 2023

    Pertengahan 2023, aku mengisi pelatihan OSN di MAN 2 Kota Malang. Pelatihan ini fokus membahas materi medan elektromagnetik. Secara garis besar, selama pelatihan ini aku membahas materi di buku David J. Griffiths - Introduction to Electrodynamics bab 1-7. Namun, tidak semua materi aku bahas dengan detail. Terutama, banyak pembahasan matematis yang tidak aku bahas telalu dalam. Alasannya adalah karena pelatihan ini ditunjukkan untuk siswa SMA sehingga materinya lebih aku sesuaikan dengan materi elektrodinamika untuk pelatnas. Pelatihan berlangsung secara offline sehingga aku menjelaskan materi di papan tulis. Mohon maaf bila ada tulisan / gambar yang kurang jelas.

    Pembahasan di catatan ini aku mulai dengan membahas konsep-konsep matematika yang akan banyak digunakan. Setelah itu, aku mulai membahas medan listrik dan medan magnet secara terpisah. Nantinya, konsep medan listrik dan medan magnet akan digabungkan hingga diperoleh persamaan Maxwell. Sebagai tambahan, aku juga membahas materi rangkaian listrik yaitu terkait rangkaian AC dan metode suntik arus. Catatan ini juga dilengkapi dengan beberapa soal dari buku Griffiths maupun dari soal-soal pelatnas. Silakan unduh catatan ini melalui link berikut :

Catatan Medan Elektromagnetik - Pelatihan OSN 2023

    Terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat.