Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Permodelan Dribbling Bola Basket


Dribbling bola basket (sumber : Sportstars.id)

     Pada kesempatan ini aku ingin membahas permodelan dribbling bola basket. Ide dari permodelan ini sebenarnya sudah muncul sejak tahun 2021 yang lalu. Beberapa soal kali aku membuat soal mengenai permodelan ini. Namun baru sekarang aku membuat pembahasan dan peninjauan matematis yang lengkap mengenai permodelan ini. Aku membuat sketsa grafik menggunakan aplikasi Wolfram Mathematica.

    Konsep dari permodelan ini cukup sederhana karena pada permodelan ini hanya  memperhitungkan pemantulan antara bola basket dan permukaan lantai dengan koefisien resitusi tertentu. Dribbling bola basket dimodelkan sebagai pelemparan bola basket menuju permukaan tanah secara vertikal dengan kelajuan awal tertentu dan dari ketinggian awal tertentu. Permodelan ini bertujuan untuk menghitung besar gaya rata-rata yang perlu diberikan pemain basket untuk melakukan dribbling sebagai fungsi dari kelajuan lemparan awal. Aku juga mencoba menganalisis pengaruh nilai koefisien restitusi dan ketinggian awal terhadap grafik besar gaya rata-rata. Berikut link pembahasan permodelan dribbling bola basket ini :

 Permodelan Dribbling Bola Basket

        Kritik dan saran sangat diperlukan karena ini pertama kalinya aku membuat permodelan matematis semacam ini. Sekian yang dapat aku bagikan, semoga bermanfaat.