Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Catatan Medan Elektromagnetik - Pelatihan ONMIPA 2024

    Awal tahun 2024, aku diminta untuk mengisi pelatihan tim ONMIPA Fisika UI. Salah satu materi yang aku pegang adalah medan elektromagnetik. Pelatihan ini banyak diikuti oleh mahasiswa yang baru pertama kali ikut ONMIPA sehingga aku lebih banyak membahas konsep-konsep dasar. Namun karena keterbatasan waktu, aku hanya sempat membahas materi elektrostatik dan magnetostatik saja. 

    Pembahasan di catatan merupakan ringkasan dari catatan medan elektromagnetik yang aku buat ketika mengisi pelatihan OSN 2023. Bila perlu versi yang lebih lengkap, silakan akses catatan tersebut. Catatan ini fokus membahas tentang hukum Coulomb, hukum Gauss, konduktor, hukum Biot-Savart, dan hukum Ampere. Silakan untuk catatan ini melalui link berikut :

Catatan Medan Elektromagnetik - Pelatihan ONMIPA 2024 

    Terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat.