Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Ketemu Turunan / Integral yang Susah di Tengah Mengerjakan Soal ? Ini Solusinya

   Ketika mengerjakan soal, seringkali kita akan menemui fungsi yang susah untuk diturunankan / diintegralkan. Sebenarnya untuk turunan sendiri relatif lebih mudah diselesaikan asalkan kita benar-benar paham aturan rantai, perkalian, dan pembagian. Namun, lain dengan integral. Teknik yang digunakan dalam integral ada banyak. Selain itu tidak semua fungsi bisa kita cari integralnya secara analitik (integral tak tentu) dan hanya bisa secara numerik (integral tentu). Terkadang kita sudah coba dengan teknik substitusi atau teknik parsial yang diajarkan di sekolah, namun tetap bingung. 

   Bagaimana solusinya? Apabila kita malas untuk browsing / tanya ke orang lain, maka ada 2 solusi yang bisa saya berikan. Solusi pertama yaitu dengan bantuan buku yang berisi daftar fungsi dan integralnya (tidak ada cara penyelesaiannya, langsung jawaban akhir). Buku ini bisa diunduh disini. Namun, kadang untuk mencari fungsi yang kita inginkan di buku pun kita juga malas. Maka ada solusi kedua, yaitu menggunakan aplikasi di PC / smartphone. Untuk aplikasi yang offline, biasanya kita perlu berlangganan untuk mendapat fitur lengkap, namun untuk versi online saya menemukan satu web yang fiturnya lengkap dan benar-benar gratis, yaitu Integral Calculator dan Derivative Calculator.

   Mengapa saya merekomendasikan ini padahal ada web-web lain? Karena, dalam mengerjakan soal kita lebih sering mendapatkan bentuk integral dalam variabel-variabel tertentu serta memiliki batas atas maupun bawah berupa variabel juga, tidak berupa angka. Nah, di Integral Calculator ini kita dapat dapat menginput bentuk integral yang mengandung variabel-variabel lain dan dapat memasukkan batas atas dan batas bawah berupa variabel juga, asalkan selalu ingat bahwa fungsi yang kita masukkan akan diintegralkan terhadap dx.


   Bagaimana cara menggunakan Integral dan Derivative Calculator? Simak penjelasan berikut ini !

Integral Calculator

1. Silakan buka https://www.integral-calculator.com . Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut

2. Masukkan bentuk integral yang ingin diselesaikan. Saya contohkan seperti dibawah ini. Disini saya memakai variabel "x" dan "b". Selalu ingat bahwa disini fungsi yang diberikan akan selalu diintegralkan terhadap dx. Contoh saya berikan disini dapat dianalogikan "x" itu posisi benda  pada suatu waktu tertentu sedangkan "b/2" merupakan posisi awal benda.

3. Klik "Go!" atau enter dan tunggu sampai selesai, jawaban akan langsung ditampilkan seperti di bawah ini. Karena saya tidak memberi batas atas dan batas bawah, maka jawabannya ada "+C" nya (integral tak tentu).

4. Jika ingin melihat caranya, klik "Show steps". Tampilannya akan menjadi seperti di bawah ini.

5. Jika ingin memasukkan batas, maka klik pilih "Options" di samping kolom input bentuk integral. Kemudian masukkan batas bawah di "Lower bound" dan batas atas di "Upper bound". Perhatikan bahwa batasnya disini tidak hanya bisa berupa angka, namun juga bisa berupa variabel, entah itu pakai variabel "x" atau variabel yang lainnya bebas semau kita.

6. Klik "Go!" / enter dan tunggu hasilnya. Hasil integral tentu akan ditampilkan seperti di bawah ini.


Derivative Calculator

1. Silakan buka https://www.derivative-calculator.net/ . Tampilannya seperti di bawah ini.

2. Masukkan fungsi yang ingin diturunkan, kemudian klik "Go!" / enter.

3. Tunggu hasilnya sampai selesai. Jika ingin tahu caranya, klik "Show steps". Kemudian jika mencari turunan kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya, klik "Calculate next higher derivative".


   Bagaimana ? Sederhana kan? Namun meski demikian kedua web ini tetap ada kekurangannya, antara lain kadang kita kesulitan untuk menginput fungsi yang kita inginkan. Saran saya:
1. Jika tiba-tiba fungsi yang ditampilkan tidak cocok dengan maksud kita, pergunakanlah tanda kurung "( )" sebaik-baiknya., misalnya "1/((1+x)(1-x))".
2. Jika ingin menginput akar memakai "sqrt()".
3. Untuk input pangkat n memakai "^(n)" lalu spasi.
Selain itu, karena memang web ini gratis jangan heran jika banyak iklannya. Sekian semoga bermanfaat.