Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Schaum’s Mathematical Handbook of Formula and Tables


Pada postingan "Ketemu Turunan / Integral yang Susah di Tengah Mengerjakan Soal ? Ini Solusinya", disitu saya mengatakan bahwa ada buku yang berisi daftar integral fungsi tertentu. Pada kesempatan ini saya ingin membagikan buku refrensi yang saya maksud tersebut. Sebenarnya untuk setingkat SMA/MA buku ini belum terlalu terpakai karena isinya merupakan materi matematika tingkat lanjutan untuk perguruan tinggi. Namun, tak ada salahnya jika memiliki buku ini sekarang, siapa tau nanti pas kuliah diperlukan.

Schaum’s Mathematical Handbook of Formula and Tables


Buku ini berisi 12 bab. Bab pertama sampai keempat relatif masih bisa dipahami dan sering dipakai untuk pelajar setingkat SMA/MA seperti aljabar, geometri, trigonometri, dan kalkulus. Namun, untuk kedelapan bab selanjutnya saya rasa belum terlalu diperlukan untuk olimpiade fisika tingkat SMA/MA (kecuali ada bagian barisan dan deret di bab 6), kecuali mungkin jika sudah setingkat pelatnas atau mulai mendalami elektromagnet, fisika statistik, fisika kuantum, dsb.

Buku yang saya bagikan ini adalah edisi ketiga, berikut link downloadnya :

Schaum’s Mathematical Handbook of Formula and Tables

       Sekian dari saya, semoga bermanfaat.