Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

László Holics - 300 Creative Physics Problems with Solutions


Halo semua, kali ini saya ingin membagikan buku kumpulan soal-soal latihan yang bisa digunakan untuk persiapan olimpiade fisika, terutama untuk event KSN baik tingkat kota, nasional maupun provinsi.

László Holics - 300 Creative Physics Problems with Solutions

Singkatnya, buku berisi 300 soal-soal fisika dalam bab mekanika, fluida, termodinamika, elektrodinamika / listrik. Soal-soal yang ada disini bisa dibilang “kreatif” dan tidak seperti soal-soal umum. Tingkat kesulitannya menurut saya bervariasi, ada yang sederhana namun tidak sedikit yang tergolong rumit. Model-model soal disini juga kemungkinan besar dapat keluar di KSN baik tingkat kota, provinsi, maupun nasional, sehingga buku ini sangat cocok dan direkomendasikan. Berdasarkan pengalaman saya, tidak sedikit soal-soal dari buku ini muncul di tryout-tryout KSN tingkat kota, provinsi, nasional, bahkan di event KSN itu sendiri. Saya sendiri juga suka dengan soal-soal ini di buku ini karena dapat melatih pemahaman konsep terkait materi yang diujikan. Kelebihan lainnya, buku ini lengkap satu set beserta solusinya. Solusi yang diberikan kan pun cukup lengkap menyertakan langkah-langkah pengerjaannya. Gunakanlah untuk mengecek jawabanmu / ketika kamu sudah “menyerah” dengan soal di situ.

Berikut link download-nya :



Sekian yang dapat saya bagaikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk disebarkan ke teman-teman lain. Terima kasih.