Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Péter Gnädig - 200 Puzzling Physics Problems

 


Bagaimana kabarnya teman-teman ? Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan buku kumpulan soal-soal yang cocok untuk persiapan kompetisi fisika. Buku ini dapat saya katakan cukup “berbeda” dibandingkan buku-buku kumpulan soal yang lainnya. Ini juga merupakan buku yang sering memusingkan saya ketika mencoba mengerjakan soal-soal disini. Penasaran ? Let’s check it out !

Péter Gnädig - 200 Puzzling Physics Problems

Sesuai namanya, buku ini berisi kumpulan “puzzle-puzzle” fisika. Mengapa disebut “puzzle’ ? Karena untuk memecahkan soal-soal disini dibutuhkan cara berpikir yang tidak biasa dan berbeda dibanding mengerjakan soal-soal biasanya. Biasanya ketika mengerjakan soal, pertama kita perlu mencari konsep dan persamaan apa yang dipakai untuk mengerjakan soal. Setelah ketemu, biasanya tidak terlalu sulit untuk menerapkan persamaan-persamaan tersebut sesuai soalnya, lalu kita tinggal menyelesaikan analisis matematika sampai selesai, meskipun kadang analisisnya panjang dan menghabiskan kertas. Namun untuk mengerjakan soal-soal di buku ini, kita harus benar-benar berpikir dan berlogika dulu untuk bisa memahami apa yang dimaksud oleh soal. Kebanyakan soal-soal disini analisis matematika yang diperlukan tidak terlalu panjang namun butuh berpikir keras untuk mendapat persamaan yang akan diselesaikan. Namun tidak sedikit soal yang memerlukan keduanya. Saya beri contoh soal dari buku ini yaitu “Buatlah estimasi waktu yang diperlukan untuk seluruh pasir pada salah satu bagian jam pasir turun seluruhnya ke bagian yang lain ketika jam pasir diletakkan secara vertikal. Anggap ketinggian pasir pada bagian atas terhadap bagian tengah jam pasir adalah H dan diameter jalur sempit di bagian tengah jam pasir adalah d !”. Bagaimana ? Cukup membingungkan bukan ?

Soal-soal disini tidak hanya tentang mekanika, namun juga ada soal-soal tentang termodinamika, listrik magnet, hingga fisika modern. Ingat, setiap soal dalam bab-bab tersebut merupakan jenis soal “puzzle”. Tingkat kesulitan soal dibagi menjadi soal tanpa bintang, soal bintang satu, dan soal bintang dua. Buku ini terdiri dari 3 bagian, yaitu problems yang berisi kumpulan soal-soal, hints yang berisi bantuan / tips jika bingung mengerjakan soal namun masih belum ingin melihat solusi, dan solutions yang berisi solusi dari soal-soal yang diberikan. Namun, berdasarkan pengalaman saya kadang kita akan terkejut ketika melihat solusinya karena kadang ternyata ide untuk mengerjakan soal-soalnya benar-benar “anti-mainstream” atau tidak biasa.

Berikut link download-nya :


Sekian dari saya, selamat berpikir keras :D. Semoga bermanfaat.