Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Sidney B. Cahn, Boris E. Nadgorny - A Guide to Physics Problems

 


Hai semua, kali ini saya akan membagikan buku yang berisi kumpulan soal-soal latihan yang cocok untuk persiapan kompetisi Fisika, terutama untuk KSN baik tingkat kota, provinsi, maupun nasional.

Sidney B. Cahn, Boris E. Nadgorny - A Guide to Physics Problems

Buku ini terdiri dari 2 edisi, yaitu Part 1 dan Part 2. Untuk Part 1 berisi soal-soal tentang mekanika, relativitas, dan elektrodinamika, sedangkan untuk Part 2 berisi soal-soal tentang termodinamika, fisika statistik, dan mekanika kuantum. Soal-soal yang ada disini merupakan soal-soal ujian fisika mahasiswa tingkat sarjanadi beberapa universitas-universitas di Amerika Serikat dan Rusia (kalau disini bisa disamakan dengan S2) . Wah jauh sekali ya tingkatannya dibanding murid SMA/MA seperti kita ? Ya, memang begitulah. Jika anda mengikuti kompetisi keilmuan suatu mata pelajaran tertentu, soal-soal yang diujikan akan melebihi tingkat pendidikan dari pesertanya.

Jumlah soal yang ada di masing-masing edisi sebenarnya tidak banyak, namun tingkat kesulitannya rata-rata cukup tinggi serta matematikanya juga rumit. Tak sedikit soal yang butuh analisis matematika yang panjang atau istilahnya “nguli”. Di bagian akhir setiap edisi ada solusi lengkap dari soal-soal yang diberikan, sehingga cocok untuk dipakai mengasah kemampuan serta memperdalam konsep. Kelebihan lainnya, karena jumlah soalnya tidak terlalu banyak ukuran huruf di buku ini cukup besar dan banyak gambar-gambar penjelas soal, sehingga nyaman untuk dibaca.

Berikut link download-nya :


Sekian buku yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.