Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Donald T. Greenwood - Advanced Dynamics

 

Apa kabar semua ? Setelah beberapa minggu akhirnya saya berkesempatan untuk membuat postingan di blog ini lagi. Kali ini saya akan membagikan sebuah buku refrensi soal-soal mekanika untuk persiapan KSN yang berbahasa Inggris.

Donald T. Greenwood – Advanced Dynamics

Buku ini berisi materi dan kumpulan soal yang berkaitan dengan mekanika. Secara garis besar buku ini terdiri 6 bab, yaitu :

1.        Pengenalan Dinamika Partikel.

2.        Persamaan Lagrange dan Hamilton.

3.        Kinematika dan Dinamika Benda Tegar.

4.        Persamaan Gerak : Pendekatan Diferensial.

5.        Persamaan Gerak : Pendekatan Integral.

6.        Pengenalan Metode Numerik.

Sebenarnya buku ini merupakan buku yang cocok untuk pegangan mahasiswa. Materi yang diberika di buku ini tingkat kesulitannya tinggi. Matematika yang digunakan pun rumit. Jika belum terbiasa akan mengalami kesulitan. Pada tingkat nasional saja matematika yang digunakan belum serumit ini. Sehingga materi di buku ini tidak disarankan bagi yang baru mulai belajar mekanika karena akan sangat susah untuk dipahami.

    Terlepas dari tingkat kesulitan buku ini, latihan soal yang diberikan di buku ini berkualitas. Nyatanya, saya menemukan soal-soal KSN 2020 dari tingkat provinsi hingga nasional yang memodifikasi soal-soal dari buku ini. Sebagai contoh, coba bandingkan salah satu soal KSN-P 2020 dengan salah satu soal di buku ini :

(Screenshot soal saya ambil dari solusi KSN-P 2020 yang dibuat oleh Peter Addison Sadhani, Wilsen Chandra Putra, dan Jonathan Willianto) 


Bagaimana ? Mirip kan ?

Kemudian coba bandingkan lagi salah satu soal OSP 2019 dengan salah satu soal di buku ini :

(Screenshot soal saya ambil dari solusi OSP 2019 yang dibuat oleh Ahmad Basyir Najwan)

Bagaimana ? Mirip kan ?

Karena itulah, soal-soal di buku direkomendasikan untuk dicoba dikerjakan. Walaupun memang soalnya cukup sulit, namun bagus untuk latihan. Barangkali kedepannya ada soal yang diambil dari buku ini lagi. Jika kesulitan dalam mengerjakan soal bisa berdiskusi dengan pembina / orang-orang yang berpelaman di bidang fisika.

Berikut link download-nya :

Donald T. Greenwood - Advanced Dynamics

Sekian yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.