Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Latihan Soal Pelatnas Tahap 1 IPhO

    Pada pelaksanaan Pelatnas Tahap 1 IPhO 2022 aku mendapat amanah untuk mengisi sesi latihan soal. Sesi latihan soal dilaksanakan satu kali tiap minggu sehingga dalam 2 minggu pelaksanaan pelatnas terdapat dua kali latihan soal. Sesi latihan soal berlangsung dari pukul 8.00 WIB - 17.00 WIB. Kali ini aku ingin membagikan soal latihan pelatnas yang aku buat untuk mengisi sesi latihan soal pelatnas beserta dengan solusinya. Untuk setiap minggunya aku membuat 3 soal yang mencakup materi yang diajarkan pada minggu tersebut. Soal-soal yang aku buat berasal dari beragam sumber mulai dari soal IPhO dan APhO tahun sebelumnya, textbook, catatan pelatnas, dan sebagainya. Soal latihan aku ketik menggunakan Latex sementara pembahasan aku tulis menggunakan OneNote. 

    Berikut link latihan soal dan pembahasannya (Google Drive) :

Latihan Soal Minggu Pertama (Soal dan Solusi)

Latihan Soal Minggu Kedua (Soal dan Solusi)

    Sekian yang dapat aku bagikan. Mohon maaf jika tulisan / gambar pada solusi ada yang kurang jelas / kurang bisa dibaca. Semoga dapat bermanfaat.