Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Kompilasi Pembahasan Tugas Mata Kuliah Fisika Matematika 1

    Semester ini aku mendapat kesempatan untuk menjadi asisten dosen mata kuliah Fisika Matematika 1. Sesuai namanya, mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa Fisika dengan kemampuan matematis yang akan sering digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan Fisika. Cakupan materi yang dibahas dalam mata kuliah ini secara garis besar meliputi : kalkulus vektor, tensor, koordinat kurvilinier, dan persamaan diferensial biasa (ordinary differential equation).

    Selama menjadi asisten dosen mata kuliah ini, aku mendapat “tantangan” dari dosen pengampu untuk membuat soal tugas yang tidak sekadar matematis namun juga menghadirkan sisi fisisnya. Maknanya, soal tersebut dapat memberikan gambaran fenomena fisis apa yang ditinjau dengan konsep matematis yang telah diajarkan. Sebagai contoh, soal tersebut tidak hanya menyuruh mahasiswa untuk menghitung gradien suatu medan skalar namun disertai dengan gambaran aplikasi gradien medan skalar dalam Fisika misalnya untuk menentukan medan listrik dari potensial listrik. Soal tugas ini pun harus diberikan tiap pekan sesuai materi yang diajarkan pada pekan tersebut.

    “Tantangan” lain yang diberikan adalah bila ingin mengadakan responsi atau sesi tambahan pembahasan soal / tugas harus dilakukan secara luring. Tidak mudah mencari jadwal dan ruangan yang tepat untuk mengadakan responsi secara luring. Mengajar luring juga menjadi tantangan tersendiri karena selama ini aku sudah terbiasa mengajar daring selama pandemi. Karena responsi diadakan secara luring, aku tidak membuat video pembahasan seperti asistensi semester sebelumnya. Namun sebagai gantinya, aku sudah menyusun kompilasi soal dan pembahasan tugas-tugas selama satu semester ini. Kompilasi ini berisi 24 soal dan jawaban tugas pekanan yang aku berikan. Berikut link kompilasi tersebut :

Kompilasi Pembahasan Tugas Mata Kuliah Fisika Matematika 1

    Aku berharap semoga kompilasi ini dapat bermanfaat bagi yang ingin belajar materi yang berkaitan dengan cakupan materi mata kuliah ini. Terima kasih sudah membaca.