Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Catatan Termodinamika - Pelatihan ONMIPA 2024

    Awal tahun 2024, aku diminta untuk mengisi pelatihan tim ONMIPA Fisika UI. Salah satu materi yang aku pegang adalah termodinamika dan fisika statistik. Namun karena keterbatasan waktu, aku hanya sempat membahas bagian termodinamika saja. Materi yang aku di catatan ini banyak aku ambil dari buku Stephen J. Blundell, Katherine M. Blundell - Concepts in Thermal Physics. Pelatihan ini banyak diikuti oleh mahasiswa yang baru pertama kali ikut ONMIPA sehingga aku lebih banyak membahas konsep-konsep dasar.

    Pembahasan di catatan ini aku mulai dengan konsep matematika yang akan banyak digunakan, terutama berkaitan dengan persamaan keadaan. Setelah itu aku membahas besaran-besaran serta proses-proses dalam termodinamika. Pembahasan di catatan ini masih aku fokuskan pada sistem gas. Di bagian akhir, aku juga membahas materi tentang potensial-potensial termodinamika dan relasi Maxwell. Pada catatan ini terdapat pembahasan beberapa soal ONMIPA, namun tidak banyak. Silakan unduh catatan ini melalui link berikut :

Catatan Termodinamika - Pelatihan ONMIPA 2024 

    Terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat.