Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Cara Mengunduh Soal dari Physics Teacher


   Apa kabat di tengah pandemi Covid-19 ini? Semoga senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara untuk mengunduh soal dari web Physics Teacher. Caranya sebenarnya sangat mudah dan praktis, tidak memerlukan koneksi internet yang cukup besar. Meskipun, saya menampilkan cara mengunduh pada PC, namun apabila ingin mengunduh lewat smartphone caranya sama kok, tidak jauh beda.

Apa itu Physics Teacher ?

   Intinya di Physics Teacher itu berisi jurnal-jurnal mengenai Fisika, yang dipublikasikan oleh Asosiasi Pengajar Fisika di Amerika. Jurnal-jurnal yang dipublikasikan relatif mudah dipahami oleh orang awam, maksudnya tidak menampilkan perhitungan-perhitungan dan analisis yang terlalu berat dan matematika yang terlalu tinggi, cocok bagi pelajar setingkat SMA/MA.

   Selain jurnal-jurnal, di Physics Teacher juga terdapat tantangan soal-soal yang berkaitan dengan Fisika klasik. Soal-soal ini diperbarui tiap bulan, dengan satu soal tantangan tiap bulannya. Solusi untuk tiap soal akan diberikan beberapa bulan berikutnya. Berdasarkan pengalaman saya, tidak sedikit soal-soal kompetisi yang mengambil dan memodifikasi soal-soal dari Physics Teacher. Soal-soalnya juga unik, kadang ada yang mudah, kadang susah.

   Nah, di Physics Teacher nanti akan kita jumpai jurnal / soal yang bisa langsung diunduh (Free) dan yang tidak bisa langsung diunduk (No Access). Jurnal / soal yang bisa langsung diunduh ada ikon gembok warna hijau, sedangkan yang tidak bisa langsung diunduh ada ikon gembok warna merah. Saya akan membagikan cara untuk mengunduh yang No Access menggunakan web https://sci-hub.tw/


Cara Mengunduh Soal dari Physics Teacher

1. Ketik "Physics Teacher" pada kolom pencarian google.

















2. Pilih pilihan yang kedua.




















3. Nanti akan muncul tampilan seperti ini. Konten-konten disini akan diperbarui tiap bulan. Untuk memilih konten yang diunggah pada bulan tertentu, dapat memilihnya melalui "Browse Volumes" yang ada di sisi kiri halaman.

















4. Jika ingin mengunduh soal, maka scroll ke bawah sampai di bagian "PHYSICS CHALLENGE FOR TEACHERS AND STUDENTS". Jika ingin mengunduh solusi/penyelesaian soal, scroll lagi dan cari pada bagian dengan judul yang sama yang ada kata "Solution to..." nya. Terkadang beberapa soal bisa langsung diunduh, namun kebanyakan tidak bisa. Untuk yang tidak bisa langung diunduh, saya ambil contoh edisi Maret 2020, salin link seperti yang ditunjukkan pada gambar.

5. Kemudian buka web https://sci-hub.se/. Tampilannya seperti pada gambar berikut. Tempel link yang sudah disalin pada kolom yang diberikan, kemudian klik "open" atau tekan enter.

6. Setelah muncul tampilan seperti ini, soal sudah bisa diunduh dengan klik "save" yang ada di bagian kiri layar.


   Demikian cara mengunduh soal dari Physics Teacher. Mudah kan? Sekian semoga bermanfaat.