Anin Nabail Physics Blog

Learn physics anywhere and anytime

Rangkuman Materi Fisika Semester 4 SMA/MA

 


   Bagaimana kabarnya kawan-kawan ? Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H bagi umat muslim yang merayakannya. Mohon maaf untuk semua kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Meskipun kita merasakan lebaran yang benar-benar berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, meskipun kita tidak bisa silaturahmi ke rumah saudara-saudara dan tetangga seramai biasanya, meskipun banyak dari kita yang harus menahan rindu karena belum bisa mudik dan harus bersilaturahmi melalui video call, namun jangan sampai itu semua membuat kita kehilangan makna sebenarnya dari Hari Raya Idul Fitri ini. Semoga momentum Hari Raya Idul Fitri dapat membuat kita merenungi kekurangan dari diri kita masing-masing, kesalahan-kesalahan apa yang telah kita perbuat, dan menjadikan kita manusia yang lebih baik lagi. Marilah kita juga sama-sama berdoa dan berusaha semoga pandemi Covid-19 dapat segera berakhir.

   Meskipun di situasi seperti ini, namun sekolah-sekolah masih mengadakan ujian akhir semester untuk tahun ajaran ini secara online. Banyak sekolah yang akan mengadakan ujian tersebut pada awal Juni, bahkan ada sudah melaksanakannya pada pertengahan Mei. Banyak pelajar mungkin tidak terlalu nyaman dengan ujian akhir semester pada kondisi seperti ini. Banyak yang merasa gurunya hanya memberi tugas dan tidak pernah memberi materi tapi tetap memberi ujian akhir semester. Namun mau tidak mau memang kita harus menjalani dan beradaptasi dengan kondisi seperti ini. Kita semua tahu bahwa pembelajaran serba online seperti ini sebenarnya tidak benar-benar direncanakan. Pemerintah  memang mau tidak mau harus menetapkan kebijakan pembelajaran online seperti ini untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Alhasil, tidak semua tenaga pengajar sudah siap 100% dengan sistem pembelajaran seperti ini sehingga masih belum beradaptasi untuk bisa memberikan materi / pembelajaran secara online. Jadi, faktor keadaan memang memaksa kita untuk bisa beradaptasi dengan sistem pembelajaran online seperti ini. Mari kita berharap semoga untuk kedepannya siswa maupun tenaga pengajar dapat semakin beradaptasi dengan sistem pembelajaran online seperti ini sehingga siswa maupun tenaga pelajar dapat sama-sama enjoy dalam belajar maupun mengajar. Yakinlah, sebagaimana orang tua yang selalu mengharapkan yang terbaik untuk anaknya, guru juga selalu mengharapkan yang terbaik untuk siswanya.

   Oke, jadi pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan rangkuman materi fisika semester 4 untuk SMA/MA yang cocok sebagai pendamping untuk belajar selama ujian akhir semester. Sebenarnya saya membuat ini karena ada tugas dari OSIS pada kelas saya untuk membuat rangkuman materi Fisika, dan saya menawarkan diri untuk membuat membuat rangkuman tersebut. Perlu diingat bahwa rangkuman ini hanya berisi rumus-rumus yang sering digunakan, tidak berisi banyak penjelasan tentang rumus-rumus maupun konsep-konsep yang dipakai dalam rumus-rumus tersebut. Jadi sebaiknya rangkuman ini jangan dijadikan sumber belajar utama, namun cukup digunakan sebagai pendamping saja. 

   Saya mohon maaf karena saya hanya membuat rangkuman materi semester 4 saja dan sekarang belum bisa membuat untuk semester lainnya, karena memang yang ditugaskan OSIS adalah rangkuman semester 4. Semoga kedepannya saya memiliki kesempatan untuk bisa membuat versi semester-semester lainnya. Jika ada kesalahan di rangkuman ini mohon kritik dan sarannya ya, karena memang pertama kali saya membuat rangkuman seperti ini.

   Berikut link download-nya :



   Sekian yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.